Tebar Al-Quran ke Pelosok Nusantara

“Sebagian dari amal, kebaikan yang mengikuti hingga setelah kematiannya adalah ilmu yang diajarkan dan disebarkan, anak saleh yang ditinggalkan, dan memberikan Al-Quran..” – (HR. Ibnu Majah)

***

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Perkenalkan, kami dari Pusat Studi Al-Quran. Sebuah lembaga dengan visi membumikan Al-Quran dan mempunyai tekad untuk menyebarkan pemahaman dan ilmu tentang Al-Quran kepada masyarakat luas.

Pusat Studi Al-Quran memiliki berbagai program yang sudah dijalankan, seperti Pondok Pesantren Pasca Tahfidz, Halaqah Tafsir, Kajian Membumikan Al-Quran, dan sebagainya.

Kali ini Pusat Studi Al-Quran ingin mengajak saudara-saudara semua untuk turut berpartisipasi dalam gerakan “Tebar Al-Quran ke Pelosok Nusantara” untuk menyebarkan ilmu Al-Quran kepada saudara-saudara kita lainnya di berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Mari bergabung untuk menolong saudara kita kepada kebaikan khususnya untuk belajar Al-Quran.

“Barang siapa yang membantu hajat saudaranya maka Allah akan membantu hajatnya”. (HR Muslim).

Salam,

Pusat Studi Al-Quran 

Sambut Tahun Baru Islam, Lentera Hati dan Aplikasi KESAN Rilis Tafsir Ringkas Digital M. Quraish Shihab

Jakarta, 6 Agustus 2021 — — Menyambut tahun baru Islam, Penerbit Lentera Hati bersama aplikasi KESAN resmi meluncurkan tafsir ringkas digital Al-Qur’an dan Maknanya, karya ulama tafsir nasional M. Quraish Shihab pada Jumat (6/08/2021). Al-Qur’an dan Maknanya menyajikan tafsir Al-Qur’an ringkas dengan bahasa yang ringan, sarat makna, tapi mudah dicerna.

Penerbit Lentera Hati mengatakan bahwa digitalisasi mushaf Al-Qur’an dan Maknanya adalah
keniscayaan di era digital guna menjangkau ragam pembaca.
“Digitalisasi ini diharapkan mampu menjangkau tidak hanya pembaca setia buku-buku Pak Quraish, tapi juga menjangkau generasi muda muslim yang ingin mempelajari Al-Qur’an dari pakarnya dengan format digital,” ujar Nasywa Shihab, Direktur Lentera Hati.

Sementara itu, CEO aplikasi KESAN Hamdan Hamedan mengatakan, pihaknya senang digandeng Lentera Hati dalam menerbitkan tafsir ringkas digital M.Quraish Shihab. “Kami senang dipercaya menampilkan Al-Qur’an dan Maknanya susunan Prof. Quraish dalam bentuk digital di aplikasi KESAN. Kita tahu bahwa ponsel pintar semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita. Oleh karenanya, adanya tafsir ringkas digital ini memungkinkan kita mendalami Al-Qur’an secara praktis, kapan pun dan di mana pun,” ujar Hamdan.

Aplikasi KESAN sendiri merupakan aplikasi Islami karya anak negeri yang menunjang kebutuhan ibadah dari mulai Al-Qur’an Digital, Jadwal Shalat, Konsultasi Islami, hingga Halal-Friendly Marketplace. Aplikasi KESAN dapat diunduh gratis di Google Play, Apple Store, atau di website KESAN (www.kesan.id).

Al-Quran dan Maknanya edisi 2021

Al-Qur’an dan Maknanya karya M. Quraish Shihab ini diharapkan dapat membantu siapa pun untuk memahami sekelumit dari makna-makna yang dikandung oleh ayat-ayat Al-Qur’an. Ia bukan terjemahan Al-Qur’an karena pada hakikatnya, sebagaimana ditegaskan oleh banyak ulama, Al-Qur’an tidak dapat diterjemahkan dalam arti dialihbahasakan. Paling banter yang dapat dihidangkan hanyalah sebagian maknanya, bukan seluruhnya, dan makna itu pun adalah menurut sudut pandang manusia, bukan makna hakiki yang dimaksud Tuhan.

Read more

Imprint