Kosakata Keagamaan

Dalam kenyataan sehari-hari, banyak kosakata yang kita ucapkan bukan saja tidak menghasilkan kekuatan tetapi lebih daripada itu karena kita tidak memahami maksudnya atau kalaupun kita pahami, maka itu hanya makna yang terdapat pada permukaan wadah kata, tidak menembus ke lubuknya guna menangkap seluruh muatannya bahkan tidak jarang disalahpahami, kendati ia sering kita gunakan atau telah sangat populer di lidah, telinga dan benak kita.

Dewasa ini dalam masyarakat Islam, tersebar luas ide tentang “hijrah” dan “berhijrah”, tapi tidak jarang orang yang tidak mengenal substansi “hijrah” kendati mereka menggunakan kata-kata yang populer terucapkan dalam bahasa agama.

Dalam konteks perbaikan diri diperlukan muhasabah, yakni mencari kesalahan dan kekurangan diri sebelum mencari kekurangan orang lain. Perlu dicatat bahwa tidak ada manusia yang luput dari dosa, kesalahan dan kekurangan. Di sini, yang berhijrah dituntut untuk memilih dan mendahulukan prioritas dalam upayanya itu, karena meninggalkan semuanya sekaligus tidak mudah dilakukan. Allah pun dalam menetapkan dan mengharamkan sesuatu menempuh cara bertahap seperti halnya dalam pengharaman minuman keras.

 

GET PRINT BOOK KLIK HERE

GET E-BOOK KLIK HERE

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *